Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TikTok Shop sosmed belanja paling banyak digunakan di Indonesia



Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi TikTok? ternyata TikTok Khususnya TikTok Shop digunakan 

Populix baru saja menerbitkan survei tentang pengalaman dan kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan platform social commerce.

Laporan ini dirangkum dalam sebuah laporan berjudul The Social Commerce Landscape in Indonesia.

Hasil survei menunjukkan bahwa 52% masyarakat Indonesia mengetahui tren transaksi jual beli melalui media sosial atau yang dikenal dengan social commerce.

Perdagangan sosial menjadi semakin populer karena merupakan pilihan baru untuk belanja online yang mudah dan memungkinkan interaksi langsung dengan penjual saat menjelajahi media sosial, tanpa harus berpindah aplikasi.

Sementara di sisi penjual, social commerce memungkinkan mereka menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Co-founder dan CEO Populix Timothy Astandu mengatakan sebagian besar masyarakat Indonesia tahu dan pernah mencoba berbelanja melalui social commerce, untuk transaksi sehari-hari seperti membeli pakaian dan produk kecantikan.

Selain itu, pesatnya tren social commerce akibat pandemi Covid-19 juga mendorong munculnya platform jual beli berbasis interaksi sosial sebagai alternatif pilihan sarana pembelian bagi masyarakat, kata Timothy dalam laporannya. pernyataan Kamis (22/9/2022). .

Laporan Populix menunjukkan bahwa 86% orang Indonesia telah melakukan pembelian melalui platform media sosial.

TikTok Shop merupakan platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan persentase 45%.

Di bawah TikTok Shop ada WhatsApp dengan persentase 21%, Facebook Shop 10% dan Instagram Shop 10%.

Barang-barang yang dibeli masyarakat di platform tersebut adalah pakaian (61%), produk kecantikan (43%), makanan dan minuman (38%), serta handphone dan aksesoris (31%) dengan rata-rata pembelanjaan sekitar Rp 275.000. per bulan.

photo credit: populix.co


Penemuan lainnya, publik juga mengatakan akan terus menggunakan TikTok Shop dan Facebook Shop dan akan mempertimbangkan untuk lebih banyak menggunakan Instagram Shop dalam pembelian di masa mendatang.

Dari sisi pengguna, TikTok Shop saat ini menjadi media yang paling banyak digunakan oleh wanita.

Sementara WhatsApp dan Instagram Shop terutama digunakan oleh pria berusia antara 36 dan 45 tahun.

Kedepannya, pengguna TikTok Shop akan tetap didominasi oleh kaum wanita, terutama mereka yang berusia 18-25 tahun di kota-kota kecil di Pulau Jawa.

Sementara itu, Instagram Shop akan didominasi oleh konsumen dengan SES tinggi, dan WhatsApp akan lebih banyak digunakan oleh generasi tua.

“Dengan semakin berkembangnya tren social commerce di Indonesia, kami berharap dapat terus memberikan wawasan yang menarik bagi ekosistem ini di masa mendatang sehingga dapat membuka peluang pasar baru bagi UMKM, mendorong percepatan UMKM go digital dan semakin meningkatkan pertumbuhan UMKM. pasar digital tanah air”, jelasnya.


Post a Comment for "TikTok Shop sosmed belanja paling banyak digunakan di Indonesia"